Pafikabenrekang.org: Tolak Ukur Kesuksesan Pengadaan Obat


Pentingnya meningkatkan kemampuan Tenaga Teknis Kefarmasian atau TTK disampaikan oleh pafikabenrekang.org. Banyak orang memandang menjaga ketersediaan obat di apotek merupakan hal mudah. Namun, jika ahli farmasi tidak bisa memperhitungkan dengan benar, maka akan berisiko menimbulkan kerugian. 

Tolak Ukur Kesuksesan Pengadaan Obat oleh Pafikabenrekang.org

Pengadaan obat yang efektif tentu memiliki dampak besar bagi apotek, salah satunya menghindari terjadinya deadstock. Apotek tidak perlu menolak pelanggan ketika stok kosong. Selain itu, apotek juga bisa memaksimalkan omset dengan pengadaan obat sesuai budget. 

Salah satu tugas ahli farmasi Indonesia yaitu menjaga ketersediaan obat demi bisa melayani masyarakat dengan baik. Berikut ini tolak ukur pengadaan obat yang sukses:

  • Sesuai Kebutuhan Apotek

Untuk mengetahui kebutuhan obat di sebuah apotek, maka harus mengecek stok. Oleh karena itu, diperlukan pencatatan stok secara akurat, agar perhitungan untuk restock dapat dipenuhi. PAFI Kabupaten Enrekang menekankan pentingnya memperhatikan defekta dan analisis pareto. 

Defekta merupakan persediaan obat yang harus dipesan berdasarkan sisa dan histori penjualan. Defekta juga memiliki peranan untuk memfilter obat yang ditawarkan dari pihak sales distributor, sehingga pemesanan hanya fokus pada defekta. Pafikabenrekang.org juga harus melakukan analisis pareto.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mempermudah proses identifikasi produk mana yang menjadi prioritas saat restok. Obat yang menjadi prioritas juga memiliki kontribusi besar terhadap omset apotek dibandingkan produk lainnya. 

  • Sesuai Anggaran

Ahli farmasi yang ada di apotek juga harus menjalankan kewajiban menetapkan anggaran pengadaan obat sesuai omset. Tujuan memiliki anggaran yang jelas agar pembayaran faktur jatuh tempo tetap lancar. Pada dasarnya nilai obat yang dipesan harus sesuai dengan kemampuan finansial apotek. 

  • Pengaturan Pengadaan Obat yang Tepat

Saat melakukan pengadaan, pastikan melakukannya secara tepat dan lebih mudah, sehingga lebih efektif dan efisien. Pengetahuan mengenai daftar produk obat yang disediakan distributor berperan penting. Ada kalanya informasi tersebut sulit didapatkan, oleh karena itu perlu memiliki relasi dan pengalaman.

Pafikabenrekang.org juga mengagendakan program untuk peningkatan tenaga ahli farmasi. Tujuannya untuk membekali bagaimana menyukseskan ketersediaan obat di apotek. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan tanggung jawab meningkatkan kesehatan masyarakat.

Belum ada Komentar untuk "Pafikabenrekang.org: Tolak Ukur Kesuksesan Pengadaan Obat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel